Ilustrasi Corona virus (foto: Pixabay)

POJOKpalu – Pergerakan kasus positif terinfeksi COVID-19 di Sulawesi Tengah terus menunjukkan peningkatan. Hari ini (Kamis, 7/5/2020), lima orang lagi dinyatakan positif melalui Swab Test.

Kelima orang itu diidentifikasi; empat orang di Kabupaten Tolitoli, dan seorang lainnya di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep).

“Empat orang di Tolitoli diisolasi di fasilitas kesehatan Pemda Toliotoli, sedangkan seorang yang di Bangkep juga dirawat di Bangkep,” kata Moh. Haris Kariming, juru bicara Pusdatina COVID-19 Sulteng, Kamis (7/5/2020).

Dengan pertambahan tersebut, maka total kasus yang dikonfirmasi positif COVID-19 di Sulteng hingga hari ini menjadi 75 kasus yang pada hari sebelumnya 70 kasus.

Status positif terhadap kelima orang tersebut ditetapkan berdasarkan Swab Test yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Laboratorium Kesehatan (Labkes) milik Pemprov Sulteng yang telah dioperasikan sejak Senin (4/5/2020) lalu.

Dengan beroperasinya UPT Labkes Sulteng, maka sampel tidak lagi dikirim ke Makassar, dan hasilnya menjadi lebih cepat diketahui.

Sementara itu, hari ini juga kata Haris, ada empat PDP yang dinyatakan sembuh oleh tim medis setelah melalui proses perawatan dan 13 orang ODP yang juga dinyatakan sehat setelah melalui masa karantina.

“Angka kasus positif ini terus menanjakn, karenanya atas nama Pemprov Sulteng terus mengimbau masyarakat agar berpartisipasi mendukung tim surveilance Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota dalam pelaksanaan tracking riwayat kluster positif untuk memutus mata ranti penyeberan virusnya,” imbau Haris. (afd)