Petugas mengevakuasi korban kebakaran di Jalan Sungai Lariang, Nunu, Palu, Sabtu (29/2/2020). (Foto: Humas Polres Palu)

PojokPalu | Si jago merah mengamuk di Jalan Sungai Lariang, Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/2/2020) pagi sekitar pukul 06.30 Wita.

Kebakaran di pagi hari yang menyentakkan warga sekitarnya itu mengakibatkan seorang warga tewas, dan tiga orang lainnya mengalami luka bakar serius.

Usai mengolah TKP, Kapolres Palu, AKBP Moch Sholeh memberi penjelasan tentang kronologi terjadinya insiden kebakaran itu.

Berdasarkan keterangan saksi korban bernama Jumaldi (35) seperti diungkapkan Kapolres Sholeh, sekitar pukul 06.30 Wita Jumaldi bangun pagi dan melihat sudah ada api di sudut rumah. Jumaldi kemudian mencoba memadamkan api dengan menyiramkan air.

Namun api semakin membesar dan membakar sebagian badan rumah yang terbuat dari kayu.

Api dengan cepat menjalar karena di sekitar rumah yang terbakar terdapat bensin, dimana korban sehari-harinya menjual barang campuran, termasuk bensin dan tabung gas 3 kilogram.

Seorang saksi lainnya, Arwani, pemilik jasa cuci pakaian yang berada di depan rumah Jumaldi mengungkapkan, api berasal dari samping rumah berdekatan dengan bensin dagangan korban.

Saat peristiwa kebakaran itu, sejumlah keluarga Jumaldi berada di dalam rumah yakni istrinya, tiga anaknya, kedua mertuanya, dan neneknya.

“Korban yang meninggal dunia bernama Sitti, usia 70 tahun,” kata Kapolres Sholeh. Sementara tiga korban lainnya yang mengalami luka bakar masing-masing Ramli (45) mertua korban, Ernawati (36), istri korban, dan Dika (11) anak korban.

Selain menewaskan satu orang dan tiga luka bakar,  kebakaran itu juga menghanguskan satu rumah milik korban Jumaldi yang terbuat dari kayu.

Polisi belum bisa menyimpulkan penyebab pasti kebakaran, termasuk menaksir total kerugian materinya.

“Namun beberapa harta di lokasi kejadian seperti emas yang ditemukan sudah diserahkan langsung kepada korban,” ujar Kapolres

Jasad korban sudah diserahkan kepada pihak keluarga untuk selanjutnya dimakamkan.

Sementara tiga korban luka bakar sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Anutapura Palu untuk mendapatkan pertolongan medis.(afd/*)