Ilustrasi Corona virus (foto: Pixabay)

PojokPalu | Provinsi Sulawesi Tengah dipastikan bebas dari Virus Corona. Penegasan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, dr. Reny Lamadjido saat konferensi pers di Kantor Dinas Kesehatan Sulteng, Sabtu (29/02/2020).

Ia mengakui, memang ada seorang perempuan berinisial C (71 tahun), warga Prancis yang dirawat di Rumah Sakit Ampana karena demam. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, pasien tersebut tidak mengalami batuk, tidak flu, tidak sesak, kecuali gejala diare.

“Pasien tersebut memiliki riwayat hipertensi dan dilakukan uji klinis serta meneruskan foto poraks. Dari hasil tersebut, tidak menunjukkan adanya Covid-19 atau virus corona,” jelas dr Reny.

Pasien tersebut tambahnya, telah di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan menangani observasi selama 14 hari oleh tim dokter yang ditunjuk. Perujukan ke rumah sakit Luwuk karena faktor jarak ke Palu yang lebih jauh, imbuhnya.

Saat ini sebutnya lagi, pasien tersebut telah turun panasnya dari 37,7 menjadi 36,7 derajat celcius. Jika terinfeksi Covid-19, demamnya akan mencapai 38 derajat celcius.

“Tidak perlu resah, tetapi waspada, biasakan perilaku hidup bersih dan sehat,” anjurnya. (afd/*)