Warga berpose usai menerima dana stimulan tahap kedua, Rabu (26/2/2020). (Foto: Humas Pemkot Palu)

PojokPalu | Pemerintah Kota Palu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu menyalurkan dana stimulan tahap II secara simbolis di Aula Asrama Haji Transit Palu, Rabu (26/2/2020).

Selain Kepala BPND Kota Palu Singgih B. Prasetyo, acara itu jugadihadiri Sekretaris Daerah Asri, Kepala Bappeda Arfan, perwakilan BPBD se Sulawesi Tengah, dan perwakilan Bank Sulteng.

“Stimulan tahap II yang tersalurkan melalui rekening sebanyak 727 KK, yang sudah cair per hari ini 343 KK. Sudah ada di BPBD untuk dikirim ke keuangan 408 KK. Jadi sekarang sudah ada 1.000an lebih. Masih ada 1.400 lebih namun juga sudah siap dlanjutkan prosesnya,” ujar Kepala BPBD Kota Palu Singgih B. Prasetyo.

Singgih berharap, warga yang belum cair dana stimulannya agar bersabar dulu karena masih dalam proses. Sebelumnya, sebanyak 38.805 rumah telah di-SK-kan sebagai penerima dana stimulan tahap II.

“Mohon bersabar. Pasti kita akan akomodir di gelombang-gelombang berikutnya. Karena ini sifatnya gelombang, dan yakinlah bahwa semua kita salurkan berapapun atau kita usulkan kalau belum masuk,” harapnya.

Sementara itu, Monaraset-salah seorang warga Palupi mengaku sangat senang menerima dana stimulan tersebut apalagi rumahnya tergolong rusak berat akibat bencana lalu.

“Alhamdulillah sangat senang menerima stimulan ini. Soalnya rumah sudah retak-retak tinggal disangga dengan kayu. Mau kita biayai sendiri, nenek ini sudah janda dan hanya hidup dengan pensiun,” ungkapnya.

Sekkot Palu Asri dalam sambutan tertulis Wali Kota PaluHidayat yang dibacakannya menyebutkan, penyerahan dana stimulan merupakan kegiatan akhir dari rangkaian proses yang dimulai dari pendataan, identifikasi, verifikasi hingga sampai penyerahan dana.

“Semoga ini semua dapat berjalan secara lancar, tertib, dan efektif dengan dukungan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, perbankan, dan stakeholder lainnya,” harapnya. (afd/*)

%MCEPASTEBIN%