Chris Wilson bersama Matt Wright dan anggota tim satgas menerbangkan umpan bebek dengan drone kepada buaya berkalung ban di muaa Sungai palu, Kamis (13/2/2020). (Foto; bmzIMAGES/Basri marzuki)

PojokPalu | Perburuan buaya terjerat ban bekas oleh Tim Satgas BKSDA dibantu dua warga Australia Matthew Nicolas Wright dan Chris Wilson masih terus berlangsung.

Kamis (13/2/2020) hari ini, fokus perburuan dilakukan di sekitar muara sungai tepat di bekas Jembatan Kuning atau Jembatan Palu IV. Apalagi setelah dilakukan pemantauan, pemunculan buaya terlihat berada di gundukan material di muara sungai tersebut.

Bahkan di gundukan tersebut, sesekali buaya tersebut menyandarkan kepalanya lalu mundur dan tenggelam lagi.

Tim Satgas bersama Matt Wright mengatur strategi penangkapan dengan memberi umpan kepada buaya itu dengan sekor bebek. Bebek itu akan disodorkan dengan menerbangkannya menggunakan drone.

Sebelum disodorkan ke buaya, bebek tersebut diikat dengan tali yang tersambung ke sebuah jeriken kosong. Maksudnya, ketika umpan itu dimangsa oleh buaya, maka tali yang mengikat jeriken itu akan terus mengekor ke buaya tersebut. Sehingga mudah bagi tim untuk memantau pergerakan buaya liar tersebut.

Namun belum lagi drone itu diterbangkan, perlahan buaya yang tadinya bersandar di gundukan material di tengah muara sungai itu meninggalkan tempat, berenang menjauhi muara.

Sadar buaya itu menjauh, tim kemudian bergegas menyembelih bebek itu lalu mengikatnya dan mengaitkan talinya ke drone yang sudah siap diterbangkan.

Huppp…. drone diterbangkan dengan tali yang menjutai di bawahnya. Sayangnya, muatan drone yang terdiri dari sebuah jeriken kosong dan seekor bebek yang sudah mati terlalu berat untuk diangkat dan mengejar buaya yang makin menjauh.

Meski begitu, drone tetap terbang dan hanya bisa menyeret muatan bebek tersebut menuju pemunculan buaya. Sekali lagi sayang, begitu umpan bebek itu mendekati target, tiba-tiba sang buaya menyelam, hilang tak berbekas.

Gagal lagi, umpan bebek yang sudah disembelih ditarik kembali ke pinggir sungai, drone pun diturunkan kembali.

Matt Wright mengatakan, usaha penyelamatan itu punya kendala tersendiri. Area pergerakan buaya yang cukup luas disebut menjadi salah satunya. Antusiasme warga yang menonton juga demikian besar yang kerap kali justeru menghambat usaha penyelamatan.

Tim kembali berunding untuk menentukan taktik perburuan berikutnya. (afd)