Ilustrasi kebakaran

PojokPalu | Kebakaran di pemukiman padat penduduk terjadi di Kelurahan Sidorajo, Kecamatan Boalan, Kabupaten Tolitoli, Sualwesi Tengah, Minggu (2/2/2020) sekitar pukul 2230 Wita.

Kebakaran yang membuat panik warga itu menghanguskan sedikitnya 385 rumah warga yang kebanyakan berbahan kayu. Satu orang warga dilaporkan tewas dalam kejadian itu karena terjebak api.  Sedikitnya 400 Kepala Keluarga saat ini terpaksa di tempat  penampungan sementara.

Keterangan sejumah saksi mata menyebutkan, kebakaran itu bermula dari rumah salah seorang warga yang pada saat kejadian tidak berada di rumah. Tetangga pemilik rumah tersebut yang kebetulan berada di kolong rumahnya melihat ada api di rumah tetangganya itu.

Ia kemudian mencoba memadamkan api itu dengan air di ember. Bukannya padam, api malah makin membesar dan tak dapat dikendalikannya. Saat itulah ia berteriak minta tolong kepada warga sekitarnya.

Armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengendalikan api yang terus membesar itu. Angin yang berhembus ditambah minimnya armada pemadam kebakaran menambah sulitnya api itu dipadamkan.

Sedikitnya ada tujuh armada pemadam yang dkerahkan dan api baru benar-benar dapat dikendalikan setelah lima jam kemudian.

Taksiran kasar, kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai puluhan miliar. Sementara penyebab pasti kebakaran tersebut masih diselidiki kepolisian setempat. (afd)